8 Tempat Wisata Jogja Yang Sangat Menawan




wisata jogja
Yogyakarta

Pengunjung wisata Jogja setiap tahunnya kian meningkat sebanyak 5.9 persen pertahunnya yang tercatat dalam rentang mulai tahun 2005 hingga tahun 2015. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kota Jogja merupakan salah satu kota pariwisata paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Tentu hal tersebut memang sangat beralasan, karena Kota Gudeg ini memang memiliki tempat wisata yang cukup lengkap, khususnya wisata kebudayaan peninggalan sejarahnya, seperti aneka Candi dan Keraton Kesultanan.

Beberapa tempat wisata Jogja berikut ini merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

1. Candi Borobudur


wisata jogja
Candi Borobudur
Candi yang terletak di Magelang Jawa Tengah ini, merupakan kuil dan monumen Budha terbesar di dunia. Memiliki sistem struktural bangunan berupa piramida berundak yang tersusun dari blok batu endesit yang saling mengunci dengan total 6 teras berbentuk bujur sangkar.

Menurut sejarah candi berbentuk stupa ini didirikan pada abad ke 8 masehi oleh para penganut agama
Budha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Selain diakui sebagai kuil atau monumen Budha terbesar didunia, Candi Borobudur memiliki koleksi relief dan arca Buddha terlengkap didunia, dengan jumlah relief sebanyak 2.672 panel serta 504 arca.

Hingga saat ini bangunan bersejarah ini masih menjadi tempat ziarah para penganut Budha dari seluruh penjuru dunia untuk memperingati Trisuci Waisak.

Meski sempat ditinggalkan pada abad ke 14 masehi karena pengaruh Islam yang semakin berkembang, pada abad ke 18 tepatnya tahun 1814 kuil terbesar Budha ini akhirnya ditemukan kembali oleh Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa yaitu Sir Thomas Stamford Raffles.

Sebelum akhirnya Candi Borobudur ini masuk ke dalam warisan dunia yang di akui UNESCO, pemerintah Indonesia dan UNESCO melakukan pemugaran pada kurun waktu mulai dari tahun 1975 hingga 1982 yang sekaligus menjadi proyek pemugaran terbesar.

Karena kemegahan dan nilai artistik yang cukup tinggi sehingga salah satu wisata Jogja ini selalu ramai dikunjungi oleh turis baik lokal maupun mancanegara. Untuk menambah nuansa budaya pihak pengelola wisata Jogja Candi Borobudur ini mengharuskan para pengunjung untuk menggunakan kain bermotif yang diikatkan ke pinggang.


 Uploaded : Santaiarea

Alamat : Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Hari / Jam buka : Senin - Minggu / 06.00 - 17.00
Telp : +62 274 496402
Peta : Candi Borobudur

2. Keraton Yogyakarta

wisata jogja
Keraton Yogyakarta
Satu lagi warisan dunia yang di akui UNESCO di Jogja adalah Keraton Yogyakarta. Keraton yang kini menjadi salah satu tempat wisata Jogja ini memiliki nama resmi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dimana keraton tersebut merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sebelum didirikan keraton menurut sejarah setempat area kompleks istana merupakan sebuah pesanggrahan yang bernama Garjitawati. Sampai akhirnya pada tahun 1755 tepatnya beberapa bulan pasca perjanjian Giyanti pendirian keratonpun dimulai.

Beberapa koleksi kesultanan dapat pengunjung jumpai di kawasan keraton ini, termasuk diantara koleksi tersebut merupakan pemberian dari para Raja Eropa. Keraton Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti diantaranya adalah Siti Hinggil Ler, Kamandhungan Ler, Sri Manganti, Kedhaton, Kamagan, Kamadhungan Kidul dan Siti Hinggil Kidul.

Uploaded : WISATA YOGYA

Alamat : Jl. Rotowijayan 1, Yogyakarta 55133
Hari / Jam buka : Senin - Minggu / 08.00 – 14.00
Telp : +62 274 374500
Peta : Keraton Yogyakarta

3. Istana Air Taman Sari


wisata jogja
Istana Air Taman Sari
Lokasinya yang masih di lingkungan Keraton Yogyakarta, membuat wisata Jogja ini menjadi satu rangkaian kunjungan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Meski bernama istana air, area kompleks istana peninggalan sejarah di kota Jogja ini memiliki bangunan yang tidak semuanya berada di dalam air.

Daya tarik lain dari kawasan Istana Air Taman Sari ini adalah wewangian yang berasal dari tanaman bunga yang terdapat di kawasan kompleks istana peninggalan sejarah ini. Sehingga kompleks ini diberi julukan Perfume Garden atau Fragrant Garden.

Di cetuskan langsung oleh Raja Mangkubumi atau Hamengku Buwono 1 dengan Raden Ronggo Prawirosentiko (Bupati Madiun) sebagai arsiteknya, serta Demang Tegis sebagai ahli strukturnya. Bangunan ini didirikan pada abad ke 17 masehi tepatnya pada tahun 1758.

Pada awal pembangunannya sendiri kompleks Istana Air Taman Sari ini didirikan untuk rekreasi keluarga kerajaan, namun seiring berjalannya waktu kompleks Istana Air Taman Sari ini mengalami perkembangan fungsi yaitu diantaranya, tempat berlindung terhadap musuh, di gunakan sebagai benteng pertahanan, tempat meditasi bagi raja, tempat pembuatan batik bagi para selir dan putri raja, tempat berlatih para tentara kerajaan dan beberapa fungsi lainnya.

Keunikan dari kompleks Istana Air Taman Sari ini yang membuat para wisatawan pengunjung wisata Jogja kagum adalah gaya arsitekturnya yang memiliki nuansa berbeda. Hal tersebut karena beberapa arisitektur bangunan di sekitar kompleks Istana Air Taman Sari ini dipengaruhi oleh beberapa budaya yaitu Jawa dan Islam, Hindu dan Budha, Cina, Portugis serta Eropa.
Uploaded : Star News

Alamat : Jl. Kyai Mojo No.96, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244
Hari / Jam buka : Senin - Minggu / 08.00 – 14.00
Peta : Istana Air Taman Sari

4. Kawasan Malioboro


wisata jogja
Kawasan Malioboro
Malioboro merupakan kawasan wisata belanja dan kuliner paling banyak dikunjungi dan masuk kategori wisata di Jogja kota. Malioboro sendiri merupakan bagian dari 3 jalan yang membentang dari mulai Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta.

Beberapa objek sejarah yang bisa dijumpai dikawasan ini adalah Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Oemoem 1 Maret dan Gedung Agung. Malioboro biasanya dijadikan destinasi terakhir dari kunjungan rangkaian wisata Jogja.

Karena di kawasan ini tepatnya di Pasar Beringharjo terdapat berbagai souvenir khas Jogja serta beberapa tempat makan yang menyajikan makanan khas Jogja. Tak ketinggalan di kawasan jalan Malioboro ini berbagai pertunjukan siap menghibur para wisatawan seperti pantomim, zombie, berbagai hantu dan lain sebagainya.
Uploaded : WISATA YOGYA

Alamat : Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istemewa Yogyakarta
Peta : Malioboro

5. Taman Pintar Yogyakarta

wisata jogja
Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta merupakan area wisata Jogja yang meyuguhkan area permainan namun edukatif, sehingga ideal untuk merangsang dan menambah pengetahuan anak usia dini dengan cara yang menyenangkan.

Sedikitnya terdapat 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan. Terletak masih di kawasan bangunan bersejarah yaitu Benteng Vredeburg, taman pintar ini cukup ramai dikunjungi oleh wisawatan khususnya pelajar.

Tersedia pula beberapa fasilitas lain seperti Food Court, Ruang Audiovisual dan Exhibition Hall atau raung multi fungsi. Sehingga tentunya Taman Pintar Yogyakarta merupakan Wisata di Jogja yang bagus dan layak untuk dikunjungi.
Uploaded : Benjosh74

Alamat : Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Jl. Panembahan Senopati, Daerah Istimewa Yogyakarta
Hari / Jam buka : Senin - Minggu / 09.00 - 16.00
Telp : +62 274 583713
Peta : Taman Pintar Yogyakarta

6. Pantai Indrayanti


wisata jogja
Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti merupakan wisata pantai Jogja yang mulai dikenal hingga ke mancanegara. Karena pantai ini memiliki daya tarik yang cukup menawan, seperti lautnya yang biru, pasirnya yang putih, terdapatnya bukit, dan bersih tanpa ada satupun sampah yang berserakan.

Dengan keistimewaannya itu sehingga pengunjung akan sangat nyaman berwisata di pantai ini. Faktor kebersihan pantai Indrayanti ini sendiri merupakan hasil pengelolaan serius dari pihak pengelola Pantai Indrayanti itu sendiri.

Dimana sanksi tegas diberlakukan bagi siapa saja yang membuang sampahnya dengan membayar sebanyak Rp. 10.000. Nama resmi dari pantai ini sendiri adalah pantai Pulsa atau Pulang Syawal. Sedangkan nama Indrayanti merupakan nama pemilik sebuah cafe dan restoran.

Karena cafe tersebut memasang papan dengan nama Indrayanti, sehingga para pengunjung lebih familiar menyebut pantai Pulang Syawal tersebut dengan penyebutan Pantai Indrayanti.
Uploaded : Azis Wahyu P

Alamat : Jl. Pantai Sel. Jawa, Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Hari / Jam buka : Senin - Minggu / 24 Jam
Peta : Pantai Indrayanti

7. Goa Pindul


wisata jogja
Goa Pindul
Wisata alam Jogja ini mungkin masih baru, karena baru diresmikan pada tahun 2010 tepatnya pada tanggal 10 Oktober. Namun kepopuleran wisata di Jogja selain pantai ini sudah cukup mendunia. Terlihat dari beberapa wisatawan mancanegara yang ikut meramaikan kunjungan ke tempat wisata Jogja ini.

Daya tarik dari goa ini adalah kegiatan susur goanya, atau istilah lainnya yaitu Cave Tubing. Terdapat pula beberapa bukit yang bisa digunakan untuk loncat ke aliran sungai bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalinnya.

Meski jarak goa hanya 350 meter, namun kegiatan ini cukup mengasyikan karena pengunjung bisa merasakan langsung sensasi goa secara dekat. Mata air Goa Pindul berasal dari Mata Air Gedong Tujuh.
Uploaded : Bioskop Lokal

Alamat : Desa Gelaran 1, Kel. Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 5589
Hari / Jam buka : Senin - Jumat / 17.00 - 16.00
Telp : +62 812-2944-9004
Peta : Goa Pindul

7. Museum Affandi


wisata jogja
Museum Affandi
Berdiri diatas tanah seluas 3.500 m2, museum yang didirikan langsung oleh Affandi ini didirikan pada tahun 1962 dan diresmikan pada tahun 1974 oleh Prof. Ida Bagus Mantra yang menjabat sebagai Direktur Kebudayan Umum kala itu. Dibangun dari hasil penjualan lukisan-lukisannya. Affandi sendiri adalah seorang pelukis beraliran ekspresionisme atau abstrak dan merupakan salah satu pelukis Indonesia yang cukup mendunia.

Sebanyak 300 lukisan Affandi terpampang di museum ini, selain itu terdapat pula lukisan karya pelukis legendaris lainnya diantaranya adalah Basuki Abdullah, Sudjono, Popo Iskandar, Hendra Gunawan, Barli dan Muchtar Apin. Tentunya wisata Jogja yang satu ini layak untuk dikunjungi khususnya bagi para pecinta seni lukis.

Uploaded : Museum Yogyakarta

Alamat : Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Hari / Jam buka : Senin - Minggu / 09.00 - 16.00
Telp : +62 274 562593
Peta : Museum Affandi

Itulah beberapa ulasan yang mungkin bisa membantu sobat dalam menentukan tempat wisata yang pas untuk dikunjungi. Adalah pilihan yang pas jika sobat menghabiskan masa liburan ke beberapa tempat wisata Jogja.

Related

Wisata Indonesia 6186272168796007409

Post a Comment Default Comments

  1. Malioboro udah nyaman buat pedestrian. :)


    http://honbookstore.com

    ReplyDelete

  2. Salam Sukses,
    Blognya Keren lho..
    Kenalkan Kami dari Prodis Advertising, perusahaan periklanan digital Indonesia (PPC Selain Google Adsense) menawarkan kerjasama kepada Anda untuk menjadi Publisher Kami.
    Sengaja kami menawarkan kepada Anda? Karena Kualitas Materi Blog Anda sangat bermanfaat dan menginspirasi.

    APA KELEBIHAN KAMI?
    1. Prosentase pembagian komisi besar, yaitu 60% dari CPC Advertiser
    2. Pembayaran komisi tepat waktu dan tidak ada potongan apapun
    3. Tidak ada syarat dan ketentuan terhadap komisi klik yang di dapat. Iklan kami dapat klik di blog Anda, kami bayar 60% x cpc
    4. Tidak ada batas minimal impressi blog, blog barupun akan kami approve jika konten blog Anda berkualitas (bukan blog pornografi, judi, sara, prostitusi online, HOAX dan atau blog yang melanggar hukum negara republik Indonesia)
    Mari bergabung bersama kami, untuk mendapat penghasilan dari blog yang lebih mudah dengan komisi yang lebih besar
    Cekidot disini: http://promosidisini.com/

    Kami tunggu, wasalam

    ReplyDelete
  3. Visit komodotravelmart.com

    Kunjungi komodo travel mart dapatkan penawaran paket wisata NTT dengan harga menarik dari puluhan seller NTT. Nikmati juga liburan gratis ke beberapa daerah di NTT dengan bergabung pada acara komodo travel mart.

    ReplyDelete

emo-but-icon

item